Brownies Kukus Rumahan Rasa Amanda :)

Brownies dapur Elva :)


Iseng-iseng yang kesekian kali ini membuahkan hasil sebuah kue yang gak kalah yummy dengan cake pisang kukus. Coklat yang sudah kita kenal sejak masih ingusan kini bisa kita nikmati dalam bentuk kue.Jadi penasaran siapa orang pertama yang punya inisiatif membuat kue brownies. Salut deh buat mbak, mas, om, dan tante itu.

Tak heran jika sekarang kue Brownies menjadi salah satu kue paling diminati masyarakat di dunia yang tua, muda, kakek nenek, om tante, bapak-ibu. Rasanya yang manis, gurih, legit, dengan rasa coklat yang kental membuat mulut kita tak mau berhenti untuk menikmati kue ini hingga potongan terakhir. Hm.. Bikin ngiler nih. Nah, udah gak sabar kan untuk mengetahui resep Brownies kukus yang legit ini.

Cara membuatnya tak seribet yang dibayangkan. Dengan bahan-bahan yang bisa didapatkan di toko-toko terdekat, tidak menjadi alassan lagi kalau Brownies kukus sulit dibuat. Tidak menggunakan oven, cukup membutuhkan dandang untuk mengukus adonan Brownies Kukus. Cukup praktis bukan? Tunggu apa lagi? chect idot.

Brownies Kukus Yummy
Brownies baru keluar dari kukusan di dapur Elva


Bahan:
150 gr Tepung Terigu
1 sdt ovalet
1 sdm coklat pasta
20 gr coklat bubuk
130 gr coklat batang
1 sdt baking powder
1/2 sdt garam
3 butir telur dengan ukuran yang sama
50 gr gula pasir
100 gr margarin
1 sdt vanili bubuk

Cara Pembuatan:
  1. Lelehkan coklat batang yang sudah diiris kecil-kecil, margarin, coklat pasta. Jangan melelehkan coklat batang langsung terkena api, karena coklat batang mudah terbakar. Lelehkan coklat batang dengan cara ditim di atas air. Setelah coklat batang meleleh dengan sempurna, baru masukkan margarin dan coklat pasta hingga meleleh sempurna. Aduk agar tercampur merata. Angkat dan biarkan dingin.
  2. Panaskan kukusan hingga airnya mendidih. Tutupi penutup dandang dengan serbet agar air dari dandang tidakjatuh pada adonan yang dapat merusak tekstur kue.
  3. Sambil menunggu dandang panas, ayak tepung terigu ke dalam wadah yang cukup besar. Campurkan coklat bubuk, baking powder, dan vanili. Aduk agar bercampur rata.
  4. Mixer telur, gula, dan ovalet dengan kecepatan tinggi hingga adonan mengembang, berwarna putih, dan bertekstur agak kaku.
  5. Masukkan campuran tepung ke dalam kocokan telur. Aduk sampai rata. Masukkan coklat yang sudah dicairkan. Aduk samapi rata.
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi dengan mentega. Adonan siap dikukus.
  7. Kukus adonan Brownies selama 25 menit. Angkat.
  8. Brownies siap dinikmati.

Sudah baca resepnya kan? Udah, gak usah pake bingung. Langsung aja catet bahannya dalam kerta (pake daun juga bisa asal bisa bacanya!), ambil dompet (disarankan yang berisi uang), dan cap cus cin ke pasar. Gak usah ragu buat Brownies. Pasti berhasil kok. Kayak aku nie.. heheheeee

Masih ragu! Pengen tahu berapa perkiraan harganya. Hm.. Tenang, semua sudah saya perhitungkan sedemikian rupa. heheeee.. check idot:

Perkiraan harga Bahan Brownies Kukus:
1/2 kg Tepung Terigu Cakra       Rp 3500
Ovalet                                        Rp 1700
3 buah vanili bubuk                    Rp 1000
Baking Powder                          Rp 3000
1/4 kg Gula Pasir                       Rp 3000
Margarin                                    Rp 4500
1 bungkus Coklat Bubuk           Rp 1500
coklat balok                               Rp 15.000
1/4 kg telur                                Rp 4000
Coklat Pasta                              Rp 3000
Garam, ambil saja di dapur ibu
Perkiraan keseluruhan biaya       Rp 40.200

Bahan tersebut tidak hanya sekali pakai, tapi bisa digunakan sampai tiga kali pakai. Harga juga bisa berubah tergantung merek dan pergantian waktu (waktu BBM naik, waktu krismon, waktu cabai naik, waktu beras naik, dan waktu-waktu naik yang lain). wkwkwkwk...


Selamat Mencoba!! ^^



 

Komentar

  1. sepertinya cara membuat dan tips brownies kukus ala amanda-nya mudah ya? Hmm, bakalan dicoba nie dirumah.terimakasih banyak mbak sudah mau berbagi resepnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen "Cinta Terakhir Keysa" (teenlit)

Masa KAnak-KanakQ

PIDATO KESEHATAN