Cake Pisang Kukus Yummy (Mudah dibuat dan Murah)


          Ide membuat cake Pisang Kukus ini muncul saat liburan tiba. Tidak perlu pergi ke tempat-tempat wisata yang biasanya mengeluarkan biaya mahal, liburan kali ini bisa kita habiskan di rumah saja. Bukan berarti berdiam diri di rumah itu membosankan. Sebaliknya, kita bisa melakukan hal-hal yang mungkin belum pernah dan belum sempat kita lakukan karena kegiatan kita yang begitu padat merayap. Jadikan akhir pekan di rumah menjadi lebih indah dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat...
          Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah memasak.Bicara mengenai memasak, masih banyak remaja putri zaman sekarang  yang belum bisa memasak. Padahal memasak merupakan suatu keahlian yang wajib dimiliki oleh setiap kaum hawa. Wanita belum dikatakan sebagai wanita jika belum bisa memasak. Hahaaa…. Bener gak sih? Untuk penjelasannya kita sebagai wanita pasti mengetahui sendiri.
          Kalian tahu masak itu datangnya dari hati.. HATI. Sekali lagi H.A.T.I #agar lebih dramatis. Karena sebenarnya dalam masakan terdapat seni, maka buatlah suatu seni terbaik agar masakanmu lezat untuk dinikmati. #sedang kerasukan setan
         Tanpa banyak cing cong lagi. Mari kita mulai pelajar memasak kita. Kemarin saya baru mencoba membuat kue. Awalnya saya ragu mau membuat kue apa? Karena kebanyakan kue menggunakan oven untuk memanggang, sedangkan saya tidak memiliki peralatan tersebut. Setelah saya browsing internet, akhirnya saya tahu yang saya mau #mengutip kata-kata dosen menulis buku teks. Saya akan membuat kue kukus, tepatnya CAKE PISANG KUKUS YUMMY. Kue ini sangat mudah dan peralatan yang digunakan juga tidak ribet. Peralatan yang harus ada adalah dandang untuk mengukus, mangkuk beberapa potong, garpu satu siung, pengocok telur #tidak tahu namanya, dan dua batang mangkok besar. Mari simak bahan-bahannya:

CAKE PISANG KUKUS YUMMY.
Cake Pisang Kukus Asli Buatan Sendiri


Bahan-bahan:
250 gram tepung terigu 
300 gram pisang, lebih baik menggunakan pisang ambon atau raja. lumatkan dengan garpu #jangan menggunakan blender
2 sendok teh baking powder, pastikan berkualitas baik dan masih fresh
1/2 sendok teh garam
150 gram gula pasir
50 ml susu kental manis 
1/2 sendok teh vanili bubuk
4 butir telur ayam, kocok lepas
120 ml mentega cair
150 gram mesess rasa coklat

Cara membuat:
  • Siapkan loyang, olesi dengan mentega dan taburi tepung terigu pada permukaannya. Sisihkan. 
  • Siapkan mangkuk, campur dan ayak tepung terigu, baking powder dan garam. Sisihkan.  
  • Siapkan mangkuk yang besar, masukkan pisang yang telah dihaluskan. Tambahkan ayakan tepung terigu kedalam pisang, aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan gula pasir, vanila ekstrak, aduk-aduk. Masukkan telur kocok dan susu, aduk seperlunya hanya agar tercampur saja.
  • Tuangkan campuran mentega cair dan susu kental manis ke dalam adonan, aduk rata. Mentega cair suka sekali mengendap di dasar adonan karena itu pastikan spatula menyentuh dasar mangkuk saat mengaduk adonan sehingga mentega cair terangkat keatas dan tercampur baik dengan adonan. 
  • Masukkan messes dalam adonan, aduk rata. Jangan berlebihan dalam mengaduk ya, hanya agar tercampur saja. 
  • Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Masukkan ke dalam dandang kukusan yang telah dipanaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutupi permukaan kukusan dengan lap bersih yang mampu menyerap air, tutup dengan penutup kukusan rapat-rapat.  
  • Dengan api sedang, kukus cake selama minimal 50 menit, jangan buka penutup kukusan selama cake di kukus agar cake mengembang sempurna. Setelah lebih dari 50 menit, test cake dengan lidi jika tidak ada adonan yang menempel di lidi keluarkan cake dan dinginkan sebentar di loyang kira-kira 5 menit. Balikkan cake di piring datar, dinginkan sempurna sebelum dipotong-potong dengan pisau tajam. 
  • n' walla... This is it, CAKE PISANG KUKUS YUMMY ala chef Elva. wkwkwkwk.... #NB: dilarang keras muntah muntah.  
Cake Tampak Atas

SELAMAT MENCOBA!!!

Komentar

  1. pengeeen.....
    pisang 300gram tu kira2 berapa biji buuk??

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak buk... kalo pisangnya pisang ambon, mungkin sekitar 8 bijian. cz aku dulu pake pisang kawak. hahahaaaa,, itu aja hampir selirang semuanya.
      ayo buat brownies... :)

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen "Cinta Terakhir Keysa" (teenlit)

Masa KAnak-KanakQ

PIDATO KESEHATAN