TIPS MENJADI TEENSTEPRENEUR


TIPS MEMULAI SUATU BISNIS
M
emang memikirkan sebuah bisnis (baca : wirausaha) apalagi menghitung-hitung keuntungkan yang akan didapat  bisa membuat seseorang terlena. Namun pada kenyataannya memulai suatu usaha tak semudah kita membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang perlu dipersiapkan agar usaha tersebut bisa berhasil dan sukses. Bukan sekedar kita membuka suatu usaha tanpa perencanaan sedikitpun, karena kebanyakan melakukan sesuatu tanpa perencanaan akan mendatangkan kegagalan.
            Tapi jangan khawatir! Karena  pada kesempatan kali ini saya akan memaparkan beberapa tips  bagi para ramaja yang hendak memulai usaha agar usaha yang  dilakukan dapat berjalan dengan lancar.

1.    Awali Dari Mimpi
Semua yang kita lakukan berasal dari mimpi besar. Gunakan mimpi besar ini sebagai motivator kita untuk maju. Berusaha mewujudkan sesuatu yang kita impikan, termasuk untuk dapat berhasil sukses dan membantu orang tua. Dari mimpi besar ini akan terwujud kesuksesan yang besar.
Bolehla kita bermimpi untuk memiliki 3 butik besar yang menampung banyak karyawan. Walaupun sekarang kita  masih dalam keadaan nol, bisa menjadi kemunkinan 5 tahun kedepan kita mampu mewujudkan itu semua. Jadi jangan takut untuk bermimpi. Kata pepatah “gantungkan mimpimu setinggi bulan. Yang artinya jangan takut untuk membuat mimpi yang besar.



2.    Memahami Diri Sendiri
Memahami diri sendiri itu dimaksudkan untuk mengidentifikasi jalur enterpreneur apa yang cocok untuk kita ambil. Mulai dari bidang usaha apa yang kita minati, seberapa besar modal yang kita miliki, dan sebagainya. Dengan mengenali diri sendiri maka akan menuntun dalam memilih jalur entrepreneur yang tepat sehingga akan mengurangi peluang terjadinya suatu kesalahan.

3.    Obsesi dan Hobby
Tidak selamanya obsesi berkaitan dengan hal yang negative. Obsesi dalam dunia bisnis dibutuhkan agar kita memiliki semangat untuk maju. Dengan obsesi ini akan memotivasi kita untuk bisa mewujudkan apa yang kita inginkan (dalan hal ini bisnis) sehingga kita dapat segera memulai suatu bisnis tanpa keraguan.
Mulailah suatu bisnis dengan memperhatikan hobi yang kamu sukai. Misalnya hobi membuat kue, maka kita dapat berbisnis berjualan kue. Hobi menulis, maka kita dapat mengirimkan karya yang kita buat ke media cetak. Cobalah untuk lebih fokus pada hobi yang kita miliki karena hal tersebut bisa menjadi ladang bisnis bagimu.

4.    Pilih Suatu Usaha
Setelah memilki obsesi dan focus pada hobi maka kini saatnya kita memilih bisnis apa yang akan kita geluti. Kita ketahui masa remaja penuh dengan main-main dan mudah merasa bosan. Disini disarankan untuk memilih bisnis sesuai dengan minat dan hobi karena dengan menjadikan hobi sebagai lahan bisnis maka kita tidak akan mudah merasa jenuh ataupun bosan melakukannya. Bahkan kita akan merasa senang melakukannya, sehingga bisnis yang kita jalankan tidak berhenti di tengah jalan hanya karena kita bosan melakukannya.
5.    Pelajari
Pelajarilah bidang bisnis yang akan kita geluti. Kita dapat mencari informasi sebanyak-banyaknya melalui berbagai sumber, seperti buku, majalah, internet, komunitas bisnis, organisasi, pelatihan entrepreneurship, pengusaha dan sebagainya. Dengan mempelajari lebih dalam bisnis yang akan kita jalani maka kita bisa lebih menguasai dan dapat memperhitungkan kendala-kendala yang mungkin terjadi.

6.    Buat Visi dan Misi
Visi dan misi disini dimaksudkan agar kita tetap pada tujuan awal bukan beralih ke tujuan lain.Sehingga kita mampu menjalankan bisnis dengan maksimal.

7.    Susun Rencana Bertahap
Agar bisnis yang kita lakukan bisa berjalan dengan lancar, maka kita perlu merencanakan beberapa hal. Mulai dari jumlah modal yang kita miliki, pemilihan produk, pemasaran keuangan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Jika modal kita sedikit maka kita tidak perlu membelanjakan untuk hal yang tidak perlu. Fokus pada produk apa yang akan kita jual. Yang seharusnya kita lakukan adalah yakin keuntungan akan datang apabila kita menjalankan tahap bisnis dengan benar.

8.    Menyusun Rencana Kreatif
Kunci kesuksesan suatu bisnis adalah kepuasan konsumen. Apabila konsumen merasa senang dengan pelayanan yang kita lakukan maka mereka akan kembali lagi. Bahkan secara tidak langsung kita sudah melakukan promosi ke masyarakat. Dengan kepuasan yang di dapatkan konsumen tersebut maka konsumen tersebut akan menyarankan produk kita ke teman, keluarga, bahkan relasi bisnisnya. Sehingga secara tidak langsung konsumen merupakan media promosi kita.
Untuk menarik konsumen tersebut maka dibutuhkan beberapa ide kreatif. Misalnya pelayanan costumer, bonus-bonus produk yang sdang kita usahakan, pemberian harga miring, dan sebagainya.

9.    Antisipasi Masalah Bisnis
Dalam memulai suatu usaha tidak selamanya kita akan mengalami kemudahan. Ada saatnya masalah datang. Untuk itu diperlukan penyusunan rencana cadangan. Jadi apabila suatu saat bisnis kita mengalami guncangan, kita bisa menggunakan rencana cadangan yang telah kita buat. Maka alternatif penyelesaiannya pun sudah kita pikirkan jauh-jauh hari.

10.    Rancang Anggaran Pengeluaran
Mulailah untuk menyusun anggaran pengeluaran. Karena jika tidak maka kita akan kesulitan mengontrol mobilitas uang kita. Mulai dengan mencatat hal-hal kecil seperti mencatat setiap transaksi pengeluaran, transaksi pemasukan, transaksi belanja usaha. Sehingga dengan mencatat setiap transaksi, mobilitas uang kita bisa terkontrol. Jadi kita bisa tahu kemana arah transaksi jika sewaktu-waktu dana pada khas kita habis. Dengan merancang anggaran pengeluaran ini kita dapat mengontrol perbelanjaan perusahaan sehingga untung yang didapat bisa maksimal.

Tapi yang terpenting dari semua itu adalah tekat yang kuat dari diri kita untuk mampu mandiri tanpa harus menyusahkan orang lain (terutama orang tua), sehingga impian untuk mampu sekolah dengan uang sendiri, membeli barang yang disukai dengan uang sendiri dan impian-impian yang lain dapat terwujud. Hal ini menimbulkan prestise yang lebih jika kita menggunakan barang dengan hasil jerih payah kita sendiri. Jadi ayo generasi muda jadilah teenspreneur untuk masa depan kita.

Diadaptasi dari artikel berjudul
“Mempersiapkan dan Memulai Bisnis Penting bagi Pemula”

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen "Cinta Terakhir Keysa" (teenlit)

Masa KAnak-KanakQ

PIDATO KESEHATAN