TEMPE GORENG DAN SAMBAL TERASI

tempe goreng dan sambal terasi
Tempe merupakan makanan khas Indonesia. Walaupun tempe kini sudah dimiliki hak patennya oleh negara lain, namun tempe sudah menjadi urat nadi masyarakat. Dari pejabat sampai tukang pijat semua makan tempe.

 Walaupun tempe sudah menjadi miliki negara lain, kabar baiknya pengusaha tempe tidak diharuskan membayar royalti tempe yang dibuatnya. Bayangkan saja jika kita harus membayar setiap gigitan tempe yang kita makan. Sudah berapa miliar bahkan triliun yang dihasilkan oleh negra tersebut?

untuk itu selagi kita bisa menikmati kelezatan tempe, marilah kita mengolah tempe sehingga enak untuk dinikmati. Kali ini saya akan berbagi resep tempe yang sudah melegenda di sentero khatulistiwa. Ya, tidak salah lagi resep tersebut adalah resep tempe goreng homemade.Bukan tempe goreng yang dijual di warung, di warteg, bahkan tempe goreng yang di jual di restauran. Bukan..! tetapi tempe goreng dengan sensasi rasa buatan ibu. Gurih, asin, dan kriuknya yang selalu bikin kita ketagihan. Hmmm...

Ini nih resep andalannya:

TEMPE GORENG ALA EMAK (kok resepnya jadi gitu? )


tempe goreng ala emak
Bahan-bahan:

2 bungkus Tempe 
1 sendok makan ketumbar
2 siung bawang putih, cincang hingga halus
garam secukupnya
tepung beras sesuai selera
200 ml minyak goreng 

Cara Membuat:
  • iris tempe memanjang dan pipih
  • Siapkan cobek, masukkan bawang putih halus, ketumbar, dan garam secukupnya. Kemudian ulek sampai halus dan semua bumbu bercampur rata.
  • setelah bumbu halus masukkan tepung beras dan beri sedikit air. Aduk hingga semua bumbu bercampur dengan tepung beras.
  • masukkan tempe yang sudah dipotong ke dalam adonan. Lumuri semua sisi tempe hingga semua sisinya tertutupi dengan adonan. Sisihkan
  • Panaskan wajan yang berisi minyak goreng, tunggu sampai minyak panas. Goreng tempe hingga kuning keemasan.
  • Angkat dan tempe goreng siap disajikan.
#NB: untuk membedakan ketumbar dengan merica, merica lebih keras daripada ketumbar dan rasanya pedas. Sedangkan ketumbar lebih lunak dan memiliki sensasi rasa gurih.


Makan tempe goreng tidak lengkap tanpa adanya sambel. Untuk itu sebagai menu pelengkap saya berikan resep sambel Terasi. Anak kosan tentu sangat akrab dengan resep yang satu ini, karena saya yakin anak kosan kerap makan lalapan (termasuk say). Lalapan tidak lengkap tanpa adanya sambal yang satu ini. Untuk itu kita tidak perlu membeli lalapan di pinggir jalan yang masih diragukan kebersihannya. Kita bisa membuat lalapan sendiri di rumh atau kosan dengan rasa sama dan harga lebih terjangkau.

HOT SAMBAL TERASI
Bahan-bahan:
10 buah cabai rawit, bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
1 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1 bungkus terasi ABC
garam secukupnya
setengah sendok teh gula

Cara Membuat:
  • goreng cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan terasi
  • setelah semua bumbu digoreng angkat dan masukkan dalam cobek. tambahkan garam secukupnya kira-kira setengah sendok teh dn gula setengah sendok teh. ulek sampai halus.
  • sambal siap disajikan.

Nah demikianlah resep masakan yang bisa saya bocorkan kali ini. wkwkwk... kaya ember aja bocor. Pada kesempatan lain saya akan memberikan resep-resep masakan lain yang urkhen kalau ditinggalkan..

SELAMAT MENCOBA !!!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerpen "Cinta Terakhir Keysa" (teenlit)

Masa KAnak-KanakQ

PIDATO KESEHATAN